Related Posts with Thumbnails

Enam Jurus Tampil Segar Selama Puasa

13 Agustus 2010


Selama puasa, tubuh sering tampak lelah dan kusut lantaran tidak dapat meningkatkan energi saat jam makan siang. Masalah utama yang timbul adalah kulit kering dan bibir pecah-pecah.  

Kondisi semacam itu tak jarang membuat Anda kehilangan percaya diri. Agar kelembaban dan kecantikan kulit terjaga, lakukan beberapa langkah berikut selama berpuasa.

1. Konsumsi makanan segar
Mengonsumsi makanan dan minuman serta buah segar yang banyak mengandung vitamin C dan E. Jika khawatir tak dapat mengasup dari makanan sehari-hari, suplemen bisa digunakan seminggu sebelum puasa. Konsumsilah makanan dengan menu seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, saat sahur dan berbuka.

2. Pelembab tubuh
Cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa rentan menyebabkan terjadinya kekeringan pada kulit. Gunakan pelembab tubuh dengan kandungan vitamin E yang melindungi dari sinar matahari, polusi, dan paparan penyejuk ruangan. Bisa juga menggunakan lotion dengan formula air  yang mengurangi kulit kering.

3. Minimalkan aktivitas di luar ruangan
Beraktivitas di luar ruangan yang sarat terik matahari membuat tubuh mudah berkeringat yang memicu berkurangnya cairan tubuh. Kalau terpaksa berada dalam paparan sinar matahari, jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi dan meminimalkan penguapan air di kulit. Ini penting agar kulit tak mengalami dehidrasi.

4. Masker dan scrub
Puasa bukan lantas berpuasa merawat diri. Lakukan perawatan masker dan scrub di akhir pekan sambil menunggu waktu berbuka. Dianjurkan menggunakan masker alami dari buah-buahan dan tumbuhan yang membuat kulit lebih sehat berkilau.

5. Perbanyak air putih
Selama berpuasa di siang hari, tubuh tidak dapat mengasup air, sehingga gunakan waktu berbuka dan malam hari minum air putih dan jus buah. Di siang hari kala beraktivitas, tubuh akan banyak memerlukan air, terutama saat berada di luar ruangan atau ruangan berpendingin udara.

6. Olahraga
Agar cantik dan tetap bugar, olahraga harus tetap dilakukan selama puasa. Bila tidak dapat berjalan kaki, joging, bersepeda dan senam 2-3 kali seminggu, senam peregangan 15 menit cukup membuat tubuh tetap segar dan bugar.
source

See Also:

Labels: ,