Related Posts with Thumbnails

65 Tahun Lalu, Proklamasi Dibaca Saat Puasa

17 Agustus 2010


Hari ini di bulan Ramadan tepat 65 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Kebetulan yang sama bila melongok 65 tahun lalu. Saat itu naskah proklamasi yang dibacakan Bung Karno dan dirumuskan juga oleh Bung Hatta, bertepatan dengan bulan puasa.

Kebetulan yang sama 65 tahun lalu itu ditegaskan dalam buku jurnalis tokoh sejarah BM Diah 'Butir-Butir Padi', yang ditulis ulang Dasman Djamaluddin pada 1992.

Teks proklamasi itu dirumuskan di rumah Laksamana Muda Angkatan Laut Jepang. Maeda mengizinkan rumahnya dipakai sebagai tempat pertemuan para tokoh nasional untuk merumuskan naskah proklamasi.

Rencananya, naskah proklamasi itu akan dibacakan keesokan harinya, 17 Agustus 1945. Lokasi rumah Maeda sekarang menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat. Penyusunan naskah itu juga bertepatan dengan bulan puasa.

Dalam 'Butir-Butir Padi' BM Diah, Pusataka Merdeka, 1992, tepatnya di halaman 57 tertulis:

"Kalau boleh saya katakan udara fajar di luar rumah kediaman Laksamana Muda Angkatan Laut Jepang itu sangat cerah. Langit merona agak keputihan. Udara terang karena langit ditabur bintang.

Dan orang yang berpuasa masih boleh makan sahur. Bung Hatta yang berada di tempat naskah proklamasi dibuat telah memesan makanan untuk sahur. Hari itu kaum Muslimin sedang berada dalam waktu puasa yang telah berjalan beberapa hari."


Comment Box

See Also:

Labels: , ,